Nana (0813-9969-1981), Ulfa (0818-0888-4489)

Insentif Inkubasi Bisnis Teknologi merupakan program pendanaan yang diberikan Kemenristekdikti kepada perusahaan pemula (tenant) melalui lembaga inkubator. Program ini dilakukan untuk menumbuhkembangkan dan meningkatkan kemampuan para wirausaha inovatif baru atau perusahaan pemula berbasis teknologi sehingga mampu meningkatkan poduktivitas dan daya saing.

Inkubator Bisnis adalah suatu lembaga yang bergerak melakukan proses inkubasi terhadap usaha (tenant) baru pada skala kecil. Proses inkubasi melalui berbagai pembinaan terpadu yang dapat meliputi penyediaan tempat, kerja/kantor, fasilitas perkantoran, bantuan pelatihan, bimbingan dan konsultasi, penelitian dan pengembangan teknologi, bantuan permodalan serta penciptaan jaringan usaha.

Inkubator dapat berasal dari:
a. Perguruan Tinggi,
b. Lembaga Pemerintah Kementerian dan Non-Kementerian, dan
c. Swasta

Lembaga inkubator harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
a. Berbadan Hukum, atau memiliki SK/Akta Notaris yang menunjukkan legalitas sebagai lembaga inkubator, atau yang memiliki fungsi menginkubasi/membina wirausaha;
b. Memiliki SDM pengelola yang memadai;
c. Mempunyai sumber pendanaan yang jelas dan berkelanjutan; dan
d. Memiliki sarana dan prasarana yang memadai.

Tenant adalah usaha baru berbasis teknologi yang diinkubasi oleh lembaga inkubator

Yang dapat menjadi Peserta Inkubasi (Tenant) adalah wirausahawan yang meliputi:
a. Perseorangan
b. Tenant yang telah berbadan usaha;

Inkubator memberikan fasilitasi dan layanan kepada tenant berupa:
a. penyediaan ruang;
b. dukungan fasilitas perkantoran;
c. bimbingan dan konsultasi;
d. bantuan penelitian dan pengembangan usaha serta
e. akses penggunaan teknologi;
f. pelatihan dan pengembangan keterampilan;
g. akses pendanaan;
h. penciptaan jaringan usaha dan kerjasama; dan
i. manajemen atas Hak Kekayaan Intelektual

Bidang fokus teknologi yang dapat diajukan adalah bidang fokus yang sesuai agenda riset nasional yang meliputi:
a. Pangan
b. Kesehatan dan Obat
c. Energi
d. Transportasi
e. Pertahanan dan KEamanan
f. Teknologi Informasi dan Komunikasi
g. Bahan Baku
h. Material Maju

Insentif IBT merupakan program pendanaan tahun jamak (maksimum 2 tahun) untuk setiap judul proposal yang berisi produk teknologi tenant yang akan dibiayai. Pendanaan pada tahun ke dua diberikan kepada penerima insentif IBT tahun pertama melalui evaluasi dan direkomendasikan oleh tim penilai yang ditunjuk oleh Kemenristekdikti.
Usulan pendanaan tahun jamak TIDAK diajukan sekaligus, melainkan diajukan setiap 1 (satu) tahun. Pendanaan diberikan melalui 2 (dua) termin pencairan dana setelah kontrak ditandatangani.

Total anggaran maksimal yang dapat diajukan pada program IBT dapat dilihat pada panduan IBT tahun berjalan. Komposisi anggaran adalah sebagai berikut:
1. Anggaran Inkubator sebesar 25% dari total anggaran yang diajukan setiap tahun;
2. Anggaran Tenant sebesar 75% dari total anggaran yang diajukan setiap tahun;

Program insentif IBT merupakan program pendanaan terhadap kegiatan inkubasi yang dilakukan oleh inkubator, sehingga pihak yang mengajukan proposal pendanaan adalah inkubator.

Jika Anda adalah tenant (perusahaan/pengusaha pemula) namun tidak dibina oleh lembaga inkubator, Anda dapat mengikuti program IBT dengan mencari dan bergabung ke lembaga inkubator terlebih dahulu. Untuk membantu Anda, kami mempublikasikan daftar inkubator yang dapat Anda hubungi setelah tahap seleksi dan pemeringkatan inkubator dilakukan di awal tahap seleksi.

Pendanaan program inkubasi bisnis teknologi diprioritaskan untuk proses inkubasi in-wall, sehingga Anda sangat disarankan untuk mencari inkubator dengan wilayah yang berdekatan dengan lokasi Anda.

Proposal program IBT berisi pengajuan pembiayaan untuk produk tenant yang akan diinkubasi. (Format penulisan proposal mengikuti panduan IBT)

Inkubator dapat mengajukan satu atau lebih proposal untuk setiap tahun periode program.

Proposal untuk masing-masing tenant dipisah/tidak digabung dalam satu dokumen proposal.

Alokasi dana inkubator masuk ke dalam anggaran pada proposal masing-masing produk tenant. Rincian anggaran biaya dalam setiap proposal merupakan gabungan antara anggaran inkubator (25%) dan tenant (75%).

Untuk tahun 2017, tahapan pengajuan proposal tenant adalah sebagai berikut:
1. Inkubator wajib mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti
2. Inkubator mengajukan profil
3. Seleksi profil inkubator yang dilakukan oleh tim seleksi
4. Pengumuman kelulusan dan pemeringkatan inkubator
5. Inkubator yang lulus mengajukan proposal tenant;

Seluruh proses pengajuan dilakukan melalui website IBT.
Mohon perhatikan dengan seksama setiap jadwal kegiatan maupun pembaruan jadwal yang dipublikasikan di website IBT maupun yang dikirimkan melalui e-mail.

Setelah calon tenant dinyatakan lulus dalam program IBT maka Kemristekdikti menandatangani kontrak dengan inkubator. Setelah itu pihak inkubator membuat kontrak dengan tenant terpilih.

Seluruh form pendaftaran program IBT diisi oleh inkubator.

Akun diperoleh melakukan registrasi user dengan mendaftarkan email pada website IBT.

Untuk dapat login pertama kali, Anda perlu mengklik tautan verifikasi yang kami kirimkan setelah anda mendaftarkan email Anda.

Setiap penyedia layanan e-mail (gmail, yahoo, dll) memiliki mekanisme masing-masing dalam menerima e-email. Mohon periksa kotak spam/junk pada e-mail anda untuk menemukan e-mail verifikasi akun tersebut.

Setelah login, anda akan diarahkan ke halaman profil inkubator anda. Silahkan mengikuti panduan yang tertera pada halaman profil inkubator Anda.

Kelengkapan setiap form akan diinformasikan pada masing-masing form.

Untuk mengajukan proposal lanjutan, Anda perlu memastikan data profil inkubator dan tenant yang akan anda ajukan telah diisi. Jika data profil inkubator dan tenant anda telah tersedia, Anda tidak perlu mengisi ulang data inkubator dan tenant yang sudah ada, silahkan mengklik link pengajuan proposal lanjutan pada proposal tenant yang telah diajukan tahun sebelumnya

Jika status 'Hardcopy Proposal' Anda belum terpenuhi, maka Anda dimohon menunggu hingga sekretariat IBT melakukan verifikasi terhadap hardcopy proposal yang Anda kirimkan. Status 'Hardcopy Proposal' Anda akan berubah setelah sekretariat IBT menerima dan memverifikasi hardcopy proposal Anda.

INGIN MENGETAHUI LEBIH LANJUT?

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang program IBT, silahkan menghubungi kami melalui kontak:

Nana (0813-9969-1981),
Ulfa (0818-0888-4489)

TETAP TERHUBUNG

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan info terkait program IBT melalui e-mail Anda